Tipe dan Penyebaran Ekosistem Hutan di Pulau Mansinam Kabupaten Manokwari

  • Nicholas M. Sorondanya Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Papua Manokwari
  • Hans F. Z. Peday Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Papua Manokwari
  • Yubelince Y. Runtuboi Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Papua Manokwari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe dan penyebaran ekosistem hutan di Pulau Mansinam, Kabupaten Manokwari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan teknik teknik observasi langsung di lapangan. Untuk pendugaan potensi tegakan dilakukan dengan penentuan transek yang didasarkan pada karakteristik habitat, dimana penentuannya dilakukan secara sengaja dengan menggunakan metode acak sederhana  dan masing-masing transek didasarkan pada tipe ekosistem dan tingkat pertumbuhan vegetasi yang dilakukan menggunakan metode berstrata sesuai dengan kondisi masing-masing habitat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 6 (enam) tipe ekosistem yaitu ekosistem hutan mangrove, ekosistem hutan rawa, ekosistem hutan pantai berpasir, ekosistem hutan pantai berkarang, ekosistem hutan dataran rendah sekunder dan ekosistem hutan dataran rendah primer. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa potensi vegetasi pada fase pohon sebanyak 42 jenis, fase tiang sebanyak 43 jenis, fase pancang sebanyak 54 jenis dan fase semai sebanyak 60 jenis. Indeks kesamaan jenis pada ekosistem hutan di Pulau Mansinam pada fase pohon adalah heterogen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPK Manokwari dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Papua Barat. 2010. Potensi pengembangan pasar karbon REDD Provinsi Papua Barat (Suatu kerangka identifikasi berbagai proyek demonstrasi dan investasi) www.fwi.or.id/web/papua/Updating Land Use Land Cover.pdf. Diakses 23 Maret 2013.

Indriyanto. 2006. Ekologi hutan. Bumi Aksara. Jakarta.

Lekitoo K, Peday HFZ, Panambe N, Cabuy RL. 2017. Ecological and ethnobotanical facet of ‘Kelapa Hutan’ (Pandanus spp.) and perspectives towards its existence and benefit. International Journal of Botany. 13: 103-114.

Pusat Penelitian Fiskal dan Ekonomi Daerah (P3FED). 2012. Kajian data dasar pembentukan kawasan khusus Pulau Mansinam. Universitas Negeri Papua. Manokwari.

Soerianegara I dan Indrawan A. 2005. Ekologi hutan Indonesia. Laboratorium Ekologi Hutan, Fakultas Kehutanan IPB. Bogor.

Tuheteru FD dan Mahfudz. 2012. Ekologi, manfaat dan rehabilitasi, Hutan Pantai Indonesia. Balai Penelitian Kehutanan Manado. Manado, Indonesia.
Published
2021-06-30
How to Cite
Nicholas M. Sorondanya, Hans F. Z. Peday, & Yubelince Y. Runtuboi. (2021). Tipe dan Penyebaran Ekosistem Hutan di Pulau Mansinam Kabupaten Manokwari. JURNAL KEHUTANAN PAPUASIA, 7(1), 99 - 120. https://doi.org/10.46703/jurnalpapuasia.Vol7.Iss1.241