Analisis Perubahan Tutupan Lahan Pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Pami Di Kabupaten Manokwari

Authors

  • Maruli Tua Siagian Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Papua
  • Nurhaida Sinaga Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Papua Manokwari
  • Irnanda A.F. Djuunaa Fakultas Pertanian Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.46703/jurnalpapuasia.Vol7.Iss1.243

Keywords:

perubahan penggunaan lahan, daerah aliran sungai, tutupan lahan

Abstract

Penutupan lahan merupakan faktor penting, terutama tutupan lahan di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS). Monitoring terhadap pola perubahan penggunaan lahan di sekitar DAS penting untuk dilakukan sehingga dapat dipahami perubahan dan dampak yang terjadi. Perubahan penutupan lahan yang terjadi di Kabupaten Manokwari adalah dampak dari adanya proses pembangunan infrastruktur dalam memenuhi kebutuhan manusia akan pemanfaatan lahan. Penelitian ini dilakukan di sekitar DAS Pami Kabupaten Manokwari, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola perubahan penutupan lahan dengan periodik waktu tahun 2009 hingga tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik interpretasi peta melalui data citra lahan yang terekam dan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan perubahan penggunaan lahan pada kawasan terbangun di DAS PAMI selama tahun 2009-2018 yang disebabkan oleh pertambahan jumlah penduduk sehingga terjadi alih fungsi lahan. Selain itu, kondisi hidrologi menunjukkan bahwa debit aliran di DAS Pami dipengaruhi oleh perilaku hujan yang mempengaruhi kondisi kadar air tanah, tutupan lahan, dan aliran permukaan. Adapun peningkatan besaran air larian (koefisien C) dan debit limpasan (Q) pada DAS Pami seiring dengan terjadinya perubahan tata guna lahan. Tentunya pola penggunaan lahan berpengaruh terhadap perhitungan aliran permukaan yang disebabkan oleh curah hujan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asdak C. 1995. Hidrologi dan pengelolaan daerah aliran sungai. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Eripin I. 2005. Dampak perubahan tata guna lahan terhadap debit sungai di daerah pengaliran sungai sipinang.

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. 2015. Peraturan Direktur Jendral Planologi Kehutanan No. P.1/VII-IPSDH/2015.

Rotinsulu W, Walangitan H, Ahmad A. 2018. Analisis perubahan tutupan lahan DAS Tondano, Sulawesi Utara selama periode tahun 2002 dan 2015. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 8 (2): 161-169.

Tsarwan OT, Hidayat A, Yusuf D. 2018. Analisis aliran sungai Cimandiri dengan metode HEC-RAS. Jurnal Rekayasa, 1: 48-60.

Wanielista MP. 1990. Hydrology and water quality control. John Wiley & Son Florida-USA.

Published

2021-06-30

How to Cite

Maruli Tua Siagian, Nurhaida Sinaga, & Irnanda A.F. Djuunaa. (2021). Analisis Perubahan Tutupan Lahan Pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Pami Di Kabupaten Manokwari. JURNAL KEHUTANAN PAPUASIA, 7(1), 121–134. https://doi.org/10.46703/jurnalpapuasia.Vol7.Iss1.243

Issue

Section

Research Articles