PERILAKU HAMA PENGISAP BUAH MUDA Dysdercus sp. DAN DAMPAKNYA TERHADAP KERUSAKAN BUAH MASOY (Cryptocarya massoai Kostern)

Authors

  • Srihartati Harto Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.46703/jurnalpapuasia.Vol1.Iss2.36

Keywords:

Dysdercus sp, hama, masoi, pengehisap

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui identitas hama, perilaku makan dan dampak kerusakan terhadap buah muda masoy, dilakukan di hutan sekunder Ambaidiru Papua pada Februari 2013. Pengamatan dilakukan terhadap 5 pohon contoh yang buah mudanya terserang hama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah masih muda yang umumnya berwarna hijau sangat disukai hama “genus Dysdercus sp famili Pyrrhocoridae ordo Hemiptera yang disebut bapak pucungâ€. Gejala buah muda masoy yang terserang adalah warna kusam, kulit kisut, terdapat spot ungu berukuran titik kecil buah mengecil tidak beraturan. Gejala buah menggambarkan kondisi fisiologis buah, yang mulai menurun kualitas pertumbuhan juga mencerminkan fisiologis buah yang tidak akan mencapai masak fisiologis dan pembentukan biji.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-03

How to Cite

Harto, S. (2019). PERILAKU HAMA PENGISAP BUAH MUDA Dysdercus sp. DAN DAMPAKNYA TERHADAP KERUSAKAN BUAH MASOY (Cryptocarya massoai Kostern). JURNAL KEHUTANAN PAPUASIA, 1(2), 108–113. https://doi.org/10.46703/jurnalpapuasia.Vol1.Iss2.36

Issue

Section

Research Articles