Karakter Stigma-Areola Dalam Penjenisan Freycinetia GAUD., Pandanaceae Di New Guinea Barat

Authors

  • Nurhaida I Sinaga Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Papua Manokwari

DOI:

https://doi.org/10.46703/jurnalpapuasia.Vol7.Iss2.249

Keywords:

Freycinetia, stigma, areola, pandanaceae, New Guinea Barat

Abstract

Freycinetia adalah salah satu genus tumbuhan di bawah famili Pandanaceae bersama dengan Sararanga, Martelidendron dan Benstonea. Genus ini memiliki variasi yang besar di pulau New Guinea, yang diduga merupakan pusat keanekaragaman hayati Freycinetia. Studi mengenai taksonomi, keragaman hayati dan penyebaran Freycinetia Papua telah dilaksanakan sejak tahun 2005 hingga 2018 dengan menggunakan data morfologi bahkan molekuler. Riset menunjukan bahwa lebih seratus jenis Freycinetia ditemukan di Barat New Guinea. Jenis-jenis tersebut memiliki karakternya masing-masing khususnya karakter diagnostik untuk mengenal jenis. Stigma sebagai suatu karakter diagnostik memiliki variasi dan variasi ini bukan hanya mencakup karakter yang telah ada namun seringkali karakter baru dalam stigma ditemukan sejalan dengan penemuan jenis baru. Beberapa karakter stigma-areola yang unik  ditemukan pada F. megaauriculata, F. imbristigma, F. pauciberria, F. desendata dan F. broccoareola. Stigma karakter dan fungsinya dalam pembentukan spesies akan dijelaskan secara lengkap dalam tulisan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bremer K., B. Bremer and M. Thulin . 2003. Introduction of Phylogeny and Systematics of Flowering Plant. Department of Systematic Botany Evolutionary Biology Centre. Uppsala University.

Callmander, M.W., Philippe Chasot, Philippe Kupfer and P.P. Lowry. (2003). Recognition of Martelidendron , a new genus of Pandanaceae and its bio-geographic Implication. Taxon 52 : 747-762.

Heyne, K. 1987. Tumbuhan berguna Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Departemen Kehutanan, Jakarta. Hal. 115 - 129
Lawrence, G.H.M. 1964. Taxonomy of Vascular Plant. The MacMillan Company. New York.

Sinaga N. I., Keim, A. P., Megia, R. & Hartana, A. 2010. The Ecology and Distribution of Freycinetia Gaud. (Pandanaceae; Freycinetoideae) in The Indonesian New Guinea. ReinwardtiaVol 13, No 2, pp: 189 – 197.

Sinaga N. I., Keim, A. P., Pratita Puredyatmika. 2013. The Unique Characters and Habitat of Freycinetia (Pandanaceae) with Seven New Species in Timika, West Papua, Indonesia.

Stone, B.C. 1976. The morphology and Systematics of Pandanus today (Pandanaceae). Garden’s Bulletin XXIX : 137 - 142.

Stone, B.C. 1968. Material for a Monograph of Freycinetia Gaud.IV. Subdevision of the Genus, with Fiften New Species.

Warburg, O. 1900. Pandanaceae: in Engler, A. Das Pflanzenreich. 3 Heft (IV.9): 1- 97.

Published

2021-12-30

How to Cite

Nurhaida I Sinaga. (2021). Karakter Stigma-Areola Dalam Penjenisan Freycinetia GAUD., Pandanaceae Di New Guinea Barat. JURNAL KEHUTANAN PAPUASIA, 7(2), 161–170. https://doi.org/10.46703/jurnalpapuasia.Vol7.Iss2.249

Issue

Section

Research Articles