Pengaruh Jarak Penaburan Pupuk terhadap Pertumbuhan Tanaman Acacia crassicarpa A. Cunn. ex Benth

Authors

  • Sugeng Wahyudiono Fakultas Kehutanan INSTIPER Yogyakarta
  • Surodjo Taat Andayani Fakultas Kehutanan INSTIPER Yogyakarta
  • Tatik Suhartati Fakultas Kehutanan INSTIPER Yogyakarta
  • Thomas Agung Frebrian Saputra Salim Mahasiswa Fakultas Kehutanan INSTIPER Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.46703/jurnalpapuasia.Vol8.Iss2.361

Keywords:

Acacia crassicarpa, penaburan melingkar, chelate

Abstract

Salah satu faktor yang berpengaruh dalam budidaya tanaman pada hutan tanaman indsutri (HTI) adalah pemupukan, salah satunya pada tanaman Acacia crassicarpa. Pemupukan pada tanaman terdapat berbagai macam jenis pupuk dan cara pemupukan. Pemupukan pada tanaman A. crassicarpa dilakukan menggunakan pupuk chelate dan menggunakan teknik melingkar. Dalam penelitian ini dilakukan pemupukan pada tanaman A. crassicarpa menggunakan pupuk chelate dengan teknik melingkar pada berbagai jarak. Dengan demikian dapat diketahui pengaruh jarak penaburan pupuk melingkar terhadap pertumbuhan tanaman A. crassicarpa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jarak penaburan pupuk terhadap pertumbuhan tanaman Acacia crassicarpa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (completely randomized design) dengan menggunakan 1 faktor perlakuan berupa jarak penaburan pupuk yang terdiri atas jari-jari 10 cm, jari-jari 15 cm, dan jari-jari 20 cm. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah pertumbuhan tinggi dan diameter tanaman A. crassicarpa selama 8 minggu dari awal ditanam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak penaburan pupuk melingkar tidak berpengaruh terhadap pertambahan tinggi tanaman Acacia crassicarpa, tetapi berpengaruh terhadap pertambahan diameter. Jarak tabur pupuk melingkar dengan jari-jari 15 cm menghasilkan pertambahan diameter yang lebih besar dibandingkan dengan jarak 10 cm dan 20 cm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayaan ANL, Tanur EA, May NL. 2022. Pengaruh media tanam terhadap pertumbuhan stump Jati eksotik hasil klon. Jurnal Kehutanan Papuasia, 8(1): 114-124.

Hadisuwito S. 2007. Membuat pupuk kompos cair agromedia. Pt. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Marsono, Lingga P. 2000. Petunjuk penggunaan pupuk. Penebar Swadaya.

Megawati RA. 2014. Pengaruh naungan dan dosis pupuk NPK terhadap pertumbuhan semai Shorea leprosula Miq. Electronic Theses & Dissertations (ETD) Gadjah Mada University.

Padmanabha G, Dewa MA, Nyoman D. 2014. Pengaruh dosis pupuk organik dan anorganik terhadap hasil tanaman padi sawah dan sifat kimia tanah pada inceptisol kerambitan tabanan. Jurnal Agroekoteknologi Tropika, 3(1): 41-50.

Riskananda RF. 2011. Makalah kesuburan tanah dan nutrisi tanaman.

Syukur A. 2021. Asam amino dan manfaatnya bagi tanaman.

Wardiyono. 2014. Acacia crassicarpa.

Published

2022-12-30

How to Cite

Sugeng Wahyudiono, Surodjo Taat Andayani, Tatik Suhartati, & Thomas Agung Frebrian Saputra Salim. (2022). Pengaruh Jarak Penaburan Pupuk terhadap Pertumbuhan Tanaman Acacia crassicarpa A. Cunn. ex Benth. JURNAL KEHUTANAN PAPUASIA, 8(2), 290–296. https://doi.org/10.46703/jurnalpapuasia.Vol8.Iss2.361

Issue

Section

Research Articles