Endomikoriza Non Trapping Pada Tegakan Pometia pinnata, Pometia coriaceae dan Pometia acuminata Di Arboretum Anggori Manokwari

Authors

  • Nunang Lamaek May Laboratorium Silvikultur, Fakultas Kehutanan Universitas Papua Manokwari

DOI:

https://doi.org/10.46703/jurnalpapuasia.Vol7.Iss2.256

Keywords:

Endomikoriza, P. pinnata, P. coriaceae, P. acuminata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan Endomikoriza non trapping pada tegakan Pometia pinnata, Pometia coriaceae dan Pometia acuminata. Metode penelitian menggunakan metode sieving dari Gardeman dan Nicholsan dan pengamatan kolonisasi akar. Hasil penelitian menunjukan bahwa Endomikoriza yang ditemukan pada tegakan Pometia pinnata adalah genus Glomus dan Acaulospora; tegakan Pometia coriaceae dijumpai genus Acaulospora dan Glomus; dan tegakan Pometia acuminata dijumpai genus Glomus. Persen kolonisasi perakaran tertinggi pada tegakan Pometia coriaceae yaitu 27,6% dan terendah pada tegakan Pometia acuminata yaitu 1,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gardemann, J.W., and Nicholson, T.H. (1963). Spores of mycorrhizal endogones species extracted from soil by wet-sieving and decanting. Trans Br Mycol Soc, 46, 235-244.

May, N.L. (2007). Identifikasi fungi mikoriza arbuskula yang berasosiasi dengan Matoa (Pometia coriaceae) di Arboretum Fakultas Kehutanan Universitas Papua. [Skripsi]. Fakultas Kehutanan, Universitas Negeri Papua Manokwari. (Tidak diterbitkan).

Nusantara, A.D. (2005). Metode penelitian cendawan mikoriza Arbuskula. Jurusan Budidaya Pertanian. Universitas Bengkulu.

Philips, J.M., & Hayman, D.S. (1970). Improved procedure for declaring and staining parasitic and VAM fungi for rapid assessment of infection. Transactions British Mycol. Society, 55, 158-161.

Setiadi, Y., Mansur., Wilarso., dan Achmad. (1992). Mikrobiologi tanah hutan. PAU Bioteknologi IPB. Bogor.

Published

2021-12-30

How to Cite

Nunang Lamaek May. (2021). Endomikoriza Non Trapping Pada Tegakan Pometia pinnata, Pometia coriaceae dan Pometia acuminata Di Arboretum Anggori Manokwari . JURNAL KEHUTANAN PAPUASIA, 7(2), 215–218. https://doi.org/10.46703/jurnalpapuasia.Vol7.Iss2.256

Issue

Section

Research Articles

Most read articles by the same author(s)